Senin, 07 Oktober 2019

Kelebihan dan Kekurang Android Pie Yang Belum Banyak Diketahui

Android Pie merupakan pembaruan terakhir dari sistem operasi yang dirilis oleh Google untuk smartphone Android pada bulan Agustus tahun 2018 lalu.
Meskipun sudah hampir setahun semenjak dirilis, nyatanya masih banyak orang yang nggak tahu mengenai kelebihan & kekurangan dari sistem operasi dengan kode Android v9.0 P ini.
Sambil menunggu update sistem operasi Android selanjutnya dari Google alias Android Q, yuk kita kenal lebih dalam tentang kelebihan dan kekurangan dari Android 9 Pie.

Kelebihan Android Pie yang Belum Banyak Diketahui Orang

Teknologi zaman sekarang sudah semakin canggih saja, geng. Artificial Intelligence (AI) sudah semakin dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.
Nggak terkecuali dengan sistem operasi Android Pie ini. Dengan memanfaatkan AI, sistem operasi ini akan menawarkan fitur yang canggih dan futuristik bagi penggunanya.
Daripada banyak berbasa-basi, berikut adalah kelebihan Android Pie yang belum banyak diketahui orang.

1. User Interface Lebih Berwarna

Fitur Android Pie User Interface 72f49
Kelebihan Android Pie pertama adalah dari segi visualnya. Interface yang ditampilkan di Android Pie lebih berwarna-warni dan enak dipandang, geng.
Ikon-ikon yang ada di menu utama kamu memiliki pinggiran yang melengkung sehingga memiliki kesan yang smooth dan rapi. Selain itu, warna ikon tersebut menjadi lebih menyala dan kontras banget.
Selain dari segi warna dan tampilan, gerakan dan animasi yang ditampilkan juga diperhalus supaya lebih memanjakan mata kamu yang seringkali berjam-jam menatap layar.

2. Adaptive Battery

Fitur Android Pie Adaptive Battery 19896
Kalau kamu senang banget bermain game di HP, kelebihan Android Pie yang satu ini bakal memanjakan kamu, geng. Adaptive Battery adalah sebuah fitur yang diklaim dapat menghemat baterai hingga 30%.
Fitur adaptive battery menggunaakan kecerdasan buatan (AI) untuk melacak pola penggunaaan aplikasi oleh pengguna, termasuk kapan saja waktu pemakaiannya.
Aplikasi yang sering kamu pakai akan mendapatkan prioritas resource dan baterai untuk dapat berjalan di background.
Sedangkan, aplikasi yang jarang kamu pakai akan mendapatkan hal sebaliknya, geng. Dengan fitur ini, HP kamu akan lebih irit dan teroptimisasi.

3. Sistem Navigasi Berbasis Gesture

Fitur Android Pie Sistem Navigasi 85f03
Smartphone Android zaman sekarang rata-rata sudah menggunakan full-screen display. Layar penuh dengan notch kecil atau tanpa notch sama sekali menjadi tren yang hype banget di 2019.
Supaya makin keren, tombol navigasi yang ada di bawah juga ikut dimodifikasi oleh Google supaya bisa disembunyikan dari tampilan.
Pada Android 8.0 Oreo, kamu menggunakan tiga tombol navigasi di bagian bawah. Nah, ketika kamu menggunakan Android Pie semua tombol navigasi diganti dengan model baru.
Sistem navigasi Android Pie dibuat lebih simple dengan gesture / gerakan yang dilakukan seperti geser ke kanan, kiri, atau atas, memiliki fungsi masing-masing.

4. Digital Wellbeing

Fitur Android Pie Digital Wellbeing E8f59
Nah, fitur Android Pie yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka main handphone sampai berjam-jam. Digital Wellbeing berguna untuk mengurangi waktu penggunaan smartphone.
Selain biar nggak kecanduan, kelebihan lain yang bisa dirasakan dari fitur Digital Wellbeing di Android Pie adalah kamu bisa membatasi penggunaan smartphone-mu biar kamu makin sehat. geng.
App timer akan membatasi waktu berjalannya aplikasi. Lalu, ada Wind Down yang otomatis mengaktifkan Night Light dan mengubah warna layar menjadi grayscale supaya kamu nggak main HP terus dan tidur.
Sayangnya, kelebihan Android Pie yang satu ini hanya bisa dirasakan oleh para pengguna smartphone Google Pixel saja, geng. Padahal, fitur ini penting sekali buat menangkal kecanduan gadget.

5. Dukungan terhadap Notch

Fitur Android Pie Notch 7e6af
Meskipun saat ini produsen smartphone sudah menggunakan Pop Up Camera di produknya, masih lumayan banyak smartphone Android yang memiliki notch di bagian atas.
Nah, untuk mengakomodir hal ini, Android Pie menghadirkan fasilitas simulasi notch untuk developer. Hal ini agar para developer bisa melihat tampilan aplikasinya di HP berponi.
Kelebihan Android Pie yang satu ini sebenarnya lebih menguntungkan bagi developer dibanding bagi para pengguna. Siapa tahu kamu tertarik untuk menciptakan smartphone-mu sendiri, geng.
Kalau kamu mau coba caranya, kamu harus aktifkan Developer Mode, lalu aktifkan pilihan Simulate a display with a cutout di bagian Drawing.

6. Peningkatan Keamanan dan Privasi Melalui Fitur Lockdown

Lockdown Ed983
Tahukah kamu kalau fitur keamanan modern seperti face unlockfingerprint, & voice unlock itu mudah banget dijebol?
Bisa saja waktu kamu tidur, orang lain menggunakan jari atau wajah kamu yang sedang tidak sadar untuk membuka kunci smartphone-mu.
Nah, fitur Lockdown ini merupakan kelebihan dari Android Pie yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur supaya HP kamu hanya dapat dibuka oleh PIN / password.
Cara mengakifkannya adalah dengan membuka opsi Security and Location di menu Settings, kemudian Lock Screen Preference, dan aktifkan Show lockdown.

7. Mode Gelap / Dark Mode

Dark Mode 6ad45
Kalau kamu bosan dengan tampilan interface Android yang memiliki warna dasar putih, kamu bisa menggantinya ke warna hitam dengan fitur Dark Mode yang ada di Android Pie.
Mode gelap juga membuat tampilan menjadi lebih nyaman di beberapa situasi. Kelebihan lain dari fitur Dark Mode adalah baterai yang lebih hemat dengan catatan HP-mu menggunakan layar dengan panel Amoled.

Kekurangan Android Pie

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, nyatanya Android Pie masih memiliki kekurangan, lho. Apa saja ya kekurangan dari Android Pie?

1. Tombol Pengaturan yang Ribet

Shade 5f381
Banyak orang yang nggak begitu menyukai konsep desain dari Android Pie. Salah satu konsep yang nggak disukai adalah memindahkan tombol pengaturan di Notification Shade.
Posisinya berada di bagian bawah sehingga kamu nggak bisa cuma menurunkan Notification Shade untuk masuk ke pengaturan.
Untuk bisa masuk ke pengaturan, kamu harus menggeser ke bawah untuk masuk ke Quick Setting, lalu mengklik ikon pengaturan.

2. Navigasi Gesture yang Nggak Kencang

Gesture C75c5
Penggunaan navigasi gesture pada Android Pie dianggap tidak terlalu baik tetapi malah mempersulit navigasi smartphone.
Meskipun didesain untuk navigasi yang lebih kencang, nyatanya navigasi berbasis gesture / swipe malah lebih lamban dibandingkan dengan menggunakan tombol.
Memang sih, agak mirip dengan iPhone. Namun, kontrol berbasis gesture pada Android Pie masih jauh dari kata sempurna dan cenderung menghambat pengguna.

Bonus - Daftar HP Android yang Mendapatkan Update Android 9 Pie

Berikut adalah daftar HP Android berbagai merk yang mendapatkan update Android v9.0 P alias Android Pie.
MerekJenis Smartphone
SamsungGalaxy S10/S10e/S10 Plus, Galaxy S9/S9 Plus, Galaxy Note 9, Galaxy Note 8, Galaxy A80, Galaxy A70, dll
SonyXperia 1, Xperia 10/10 Plus, Xperia XZ3, Xperia XZ2/XZ2 Premium/XZ2 Compact, Xperia XZ Premium/XZ1/XZ1 Compact
vivoV15/V15 Pro, X27/X27 Pro, S1, X21/X21UD, Nex S/Nex A, dll
XiaomiBlack Shark 2, Mi 9/Mi 9 Explorer/Mi 9 SE, Mi 8 Lite, Mi A2/Mi A2 Lite, Note 7/Note 7 Pro, Pocophone F1, dll
OppoF11 Pro, Oppo R15, Reno, dll
HuaweiP30, P30 Pro, P30 Lite, P20, P20 Pro, P20 Lite, Mate 10, Mate 10 Pro, dll
AsusZenfone 5Z, ZenFone Max Pro M1, ZenFone 5, Zenfone Max Pro M2, dll
HonorPlay, 10, 8X, 8X Max, 9, 9N, dll
MotorolaOne, One Power, Z3, Z3 Play, Z2 Force Edition, X6, G6, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar