Rabu, 27 Februari 2019

Membuat Project Baru pada Android Studio


Membuat Project Baru

Kita akan mencoba mengimplementasikan activity pada android studio, yang mana teorinya kemaren sudah dibahas. Bagi yang belum baca apa itu activity bisa di artikel “Activity (Android)”.
Langkah pertama buka dulu aplikasi android yang sudah diinstal pada PC/Laptop teman-teman, udah pada instal android studio? Kalo udah, silahkan teman-teman buka.

Nah, nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Teman-teman bisa langsung klik aja pada “Start a new Android stuidio project” untuk membuat project baru.

Kemudian, pada dialog “Create Project” seperti dibawah ini, beri nama Aplication Name kalian dengan nama yang project yang akan teman-teman buat. Lalu, Company Domain silahkan diisi sesuai kebutuhan, karna ini akan menjadi id dari aplikasi teman-teman nantinya. Dan Project Location silahkan pilih dimana teman-teman ingin menyimpan project.

Jika sudah, silahkan klik tombol “Next”. Selanjutnya kita akan memilih target device yang akan digunakan atau yang dapat menggunakan aplikasi kita ini. teman-teman bisa pilih berapa minimum sdk yang bisa diinstal aplikasi kalian.
Disini aku pake minimum SDK nya 21 aja. Lalu, langsung saja klik tombol “Next”

Oke, sekarang kita akan memilih jenis activity yang mana yang akan kita tambahkan ke project kita. Android studio sudah menyediakan beberapa pilihan template mulai dari sederhana sampai yang kompleks.
Add No Activity                                : Tidak ada activity yang ditambahkan
Basic Activity                                     : Activity dengan template komponen material design seperti FloatingActionButton
Bottom Navigation Activity              : Activity dengan tampilan side bar menu di bagian bawah
Empty Activity                                  : Activity dalam bentuk yang paling dasar
Fragment + ViewModel                    : Activity dengan menerapkan architecture component
Fullscreen Activity                            : Activity fullscreen tanpa status bar
Google AdMob Ads Activity            : Activity dengan konfigurasi default iklan Admob
Google Maps Activity                       : Activity dengan menyediakan konfigurasi dasar Google Maps
Login Activity                                    : Activity untuk halaman login
Master / Detail Flow                        : Activity yang diperuntukan untuk alur aplikasi master detail pada peranti tablet
Navigation Drawer Activity             : Activity dengan tampilan side bar menu
Scrolling Activity                               : Activity dengan kemampuan scroll konten didalamnya secara vertical
Settings Activity                                 : Activity yang diperuntukan untuk konfigurasi aplikasi
Tabbed Activity                                 : Activity yang diperuntukan untuk menampilkan lebih dari satu tampilan, dapat digeser ke kanan dan ke kiri (swipe) dan dengan menggunakan komponen ViewPager
Karna kita mau buat aplikasi yang sederhana, jadi kita pilih “Empty Activity”. Klik Next
Selanjutnya, memeberi nama Activity, secara defaultnya nama activity adalah “MainActivity” dan nama layout xmlnya “activity_main”. Teman-teman bisa kok mengubahnya, sesuai dengan kebutuhan teman-teman.
Dan klik “Finish”.
Oh iya, ini aku masih pake Android Studio versi 2. Untuk android versi 3, secara tampilan masih sama, namun ada sedikit perbedaan. Teman-teman bisa sesuaikan saja yaa.. aku belum update soalnya hehe...
Tampilan layar teman-teman akan seperti contoh dibawah ini :
Di sebelah kanan teman-teman adalah workspace di mana Activity berada dan bernama MainActivity.java dengan layoutnya activity_main.xml. Di sebelah kiri, terdapat struktur proyek, di mana nanti kita akan banyak menambahkan berbagai komponen baru, asset dan library.


selanjutnya kita akan melakukan pengkodean aplikasi. untuk tips dan triknya, biar proses pengkodean lebih cepat, kita bisa memanfaatkan code completion dengan cara menekan tombol ctrl+space.

untuk pembuatan aplikasi sederhana, yaitu aplikasi menghitung luas persegi panjang. aku lanjutin di artikel selanjutnya yaa. Activity (Ngoding)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar